Header Ads

Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci"

Selamat datang di Berita Viral, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci" , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ISLAMI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci"
link : Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci"

Baca juga


Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci"



- Assalamu'alaikum, mau bertanya: Saya seorang perempuan, masih kuliah. Saya ingin sekali tidak bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahram. 

Namun sering diledek dibilang sok suci. Bagaimana sebenarnya hukum bersalaman dengan lawan jenis yang bukan mahram. Saya menunggu jawaban nya.

Wassalamu'alaikum.



Jawaban:

Assalamu alaikum wr.wb.


Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi Rabbil alamin. Ash-shalatu wassalamu ala Rasulillahi wa ala alihi wa shahbih ajmain. Amma ba'du:

Apa yang Anda niatkan untuk tidak bersalaman dengan lawan jenis bukan mahram sudah benar. Hanya saja hal itu berlaku pada semua laki-laki yang bukan mahram. 


Dalam hal ini Nabi saw bersabda,

أن يطعن في رأس أحدكم بمخيط من حديد، خير له من أن يمس امرأة لا تحل له
“Menusuk kepala dengan jarum dari besi, itu lebih baik buat kalian dibanding bersentuhan dengan wanita yang tidak halal baginya” (HR ath-Thabrani)


Demikian pendapat jumhur ulama secara umum dari kalangan Hanafi, Maliki, Syafii dan Hambali.

Namun demikian, ada sejumlah ulama yang membolehkan bersalaman dengan  wanita yang sudah tua yang tidak lagi punya ketertarikan dengan laki-laki ataupun sebaliknya. Hanya saja kebolehannya dengan syarat; tidak bersifat mutlak. Syaratnya adalah aman dari fitnah. Apa maksud aman dari fitnah?

Maksudnya adalah ketika wanita tersebut sudah mencapai usia tertentu yang pada umumnya tidak lagi mengundang tarikan syahwat. Menurut Imam an-Nawawi hal ini dikembalikan kepada urf (kebiasaan) yang ada.

Adapun terkait dengan ejekan dan komentar teman, tidak usah dihiraukan. Yang penting bagaimana kita menjalankan ajaran agama dengan baik namun tetap berbuat baik kepada sesama, termasuk mereka.

Wallahu a'lam
Wassalamu alaikum wr.wb.


Demikianlah Artikel Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci"

Sekianlah artikel Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci" kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Apapun yang Terjadi Tetap Tolak Salaman dengan Lawan Jenis, Jangan Takut Dibilang "Sok Suci" dengan alamat link https://beritaviralblog.blogspot.com/2017/10/apapun-yang-terjadi-tetap-tolak-salaman.html

No comments

Powered by Blogger.